Irlandia, Berprestasi Berkat ‘Pelarian’

Irlandia, Berprestasi Berkat Para ‘Pelarian’

Setiap menjelang turnamen akbar seperti Piala Eropa, pengurus Federasi Sepak Bola Irlandia Utara (IFA) seringkali ketar-ketir. Bukan lantaran megurusi persiapan tim nasionalnya, melainkan mengurusi sikap ‘tetangga gaduh’ mereka, Federasi Sepak Bola Republik Irlandia (FAI).

Dinamai ‘tetangga gaduh’ karena tim ‘The Boys in Green’ (julukan timnas Republik Irlandia) seringkali ‘mencuri’ pemain muda berbakat tim ‘Norn Iron’ (julukan timnas Irlandia Utara). Mencuri, dalam arti karena FAI sering menawari para pemain muda timnas Irlandia Utara untuk bergabung memperkuat timnas Republik Irlandia, dengan iming-iming mengembangkan potensi karena punya peluang lebih besar untuk bermain di turnamen resmi internasional antarnegara.

Teranyar, pemain 23 tahun Irlandia Utara yang bersinar bersama Sunderland di Liga Premier Inggris, James Mc Clean yang ‘kabur’ demi kesempatan bermain di level internasional bersama Republik Irlandia.

Padahal, semasa junior, Mc Clean merupakan salah satu pilar timnas U-21 Irlandia Utara saat juara ‘Milk Cup’ pada 2008 dan mencetak satu gol dalam laga pembuka melawan Amerika Serikat yang berkesudahan 3-1.

Setelah matang di timnas U-21 Irlandia Utara, pemain kelahiran Derry itu pun kemudian memikat pelatih timnas senior Irlandia Utara, Michael O’ Neill. Pada 26 Juli 2006, O’ Neill lalu memanggil Mc Clean ke timnas senior yang dipersiapkan untuk bertanding melawan Kepulauan Faroe. Namun, saat itu Mc Clean menampik panggilan dengan alasan masih ingin menunggu panggilan timnas senior Republik Irlandia.

“Saya masih belum bisa memutuskan pilihan timnas, meski manajer Michael O’ Neill telah mengontak saya,” kata James Mc Clean pada Januari 2012, kembali menyiratkan keinginannya untuk bermain bersama timnas Republik Irlandia.

Penantian Mc Clean itu akhirnya berbuah manis menjelang Piala Eropa 2012. Pelatih timnas senior Republik Irlandia, Giovanni Trapattoni menyatakan ketertarikan memakai jasa pemain berkaki kidal itu untuk Piala Eropa 2012, setelah menyaksikan performa Mc Clean di Sunderland.

Mc Clean memang dindalkan manajer Steve Bruce di ‘The Black Cats’ (julukan Sunderland). Ia bermain dalam 23 pertandingan dan mencetak lima gol. Total, pria yang memiliki tato di sekujur tangan kanan itu telah bermain di 1.843 menit untuk Sunderland.

Aksi James McClean saat perkuat Republik Irlandia melawan Bosnia.

“Saya rasa, ia (Mc Clean) cukup bagus untuk dibawa ke Piala Eropa. Ia telah menunjukkan permainan bagus di Inggris,” kata manajer Republik Irlandia, Giovanni Trapattoni, mengomentari pencantuman Mc Clean di skuadnya.

Di Polandi-Ukraina, Mc Clean pun berpotensi menjalani pertandingan internasional ketiga bersama Robbie Keane Cs, saat menghadapi Kroasia di Stadion Municipal, Pozna, Polandia, Senin dini hari, 11 Juni 2012.

Sebelumnya, Mc Clean menjalani debut saat uji coba melawan Republik Cek di Stadion Aviva, Dublin, 1 Maret 2012 yang berkesudahan 1-1. Saat itu, ia masuk menggantikan Aiden Mc Geady di menit ke-79. Pertandingan keduanya berlangsung di tempat yang sama pada 26 Mei 2012, saat menghadapi Bosnia. Mc Clean bermain selama 90 menit dan membantu Irlandia mengalahkan negara pecahan Yugoslavia itu dengan skor 1-0.

“Semoga nanti ia bisa memberi dampak bagus bagi tim saat dimainkan,” kata Trapattoni lagi.

Permainan Mc Clean sendiri mendapat perhatian saat bergabung di klub lokal Irlandia Utara, Derry City pada musim 2008-2011. Setelah bermain di 73 pertandingan dan mencetak 18 gol di Derry, Sunderland merekrut pria 180 sentimeter itu dengan biaya transfer hanya 350 ribu Euro untuk kontrak selama tiga musim.

“Ia layak bermain di level lebih baik. Saya yakin ia punya masa depan karir yang bagus,” kata Stephen Kenny, mantan manajer Derry City.

‘Kaburnya’ pemain yang memiliki prospek cerah seperti Mc Clean ke Republik Irlandia sebenarnya bukan yang pertama kali. Pihak Belfast (Irlandia Utara) sebelumnya juga telah kehilangan pemain tengah Darron Gibbs, yang saat ini bermain di Everton. Mantan pemain Manchester United itu menyusul, Shane Duffy, Marc Wilson, Daniel Kearns dan Paul George.

Berdasar Perjanjian Jumat Agung pada 1998, sebagai negara anggota Britania Raya, Republik Irlandia memang memiliki keuntungan bisa menggunakan pemain asal Wales, Irlandia Utara atau Inggris, jika para pemain itu belum pernah bermain di level senior. Begitu pula sebaliknya bagi negara anggota Britania Raya lain. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pun sudah menyetujuinya.

Walhasil, saat ini Republik Irlandia memiliki banyak opsi untuk memperkuat skuadnya. Bahkan, selain Mc Clean, Republik Irlandia juga memiliki beberapa pemain ‘cabutan’ lain, seperti Kieran Westwood yang kelahiran Manchester, Inggris; Simon Cox yang lahir di Reading, Inggris; dan Aiden Mc Geady, yang kelahiran Glasgow, Skotlandia.

Kecaman terhadap sikap Republik Irlandia itu bukannya nihil. IFA pernah menggugat melalui Pengadilan Arbitrase Internasional untuk Olahraga (CAS), meski badan yang berkedudukan di Swiss itu menolak gugatan yang diajukan pihak Belfast. Mantan Presiden IFA, Raymond Kennedy juga menyesalkan tindakan sang tetangga.

Dengan cara berbeda, mantan pemain nasional Irlandia Utara, Gerry Amstrong juga telah menghimbau para pemain muda mengabaikan godaan Republik Irlandia.

“Tak pernah terpikir oleh saya untuk bermain bagi Republik. Saya sangat bangga bermain untuk Irlandia Utara di Piala Dunia,” kata Amstrong, memberi perbandingan.

Kecaman lebih keras datang dari mantan pelatih timnas U-21 Irlandia Utara, Steve Beaglehole, dengan menyebut federasi sepak bola Republik Irlandia hanya membuang uang dan tidak bisa mendidik pemain muda sendiri. “Mungkin sekarang mereka berkata: “Hei, lihat kesuksesan yang sudah kami peroleh”,” sindir Beaglohole.

“Hanya Shane Ferguson yang mencintai Irlandia Utara,” kata Beaglehole lagi, menyebut nama pemain Newcastle United yang pernah menolak pinangan memperkuat Republik Irlandia itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s