Mesut Ozil, ‘Otak’ Permainan Jerman

Mesut Ozil dalam pertandingan melawan Portugal (10/6/2012)

“Kunci kemenangan Jerman atas Portugal ada pada Ozil. Ia bekerjakeras. Secara teknik ia juga sangat sempurna,” kata mantan pemain tim nasional Denmark, Allan Simonsen, memuji peranan Ozil di timnas Jerman, usai menyerahkan peghargaan pemain terbaik dalam pertandingan Jerman-Portugal.

Pada pertandingan yang berkesudahan 1-0 untuk Jerman melalui gol tunggal Mario Gomez di menit ke-72 itu, Ozil seolah menjadi ‘otak’ yang menggerakkan permainan Der Panser. Miguel Veloso yang ditugasi pelatih Paulo Bento untuk menjaga pemain tengah Real Madrid itu berulang kali gagal mengantisipasi. “Ozil hanya terlalu cerdas sehingga masih bisa menemukan celah permainan Portugal, meski Veloso menjaga dengan sangat ketat,” kata Allan Simonsen.

“Walhasil, Veloso enggan maju terlalu jauh karena takut pemain lain masuk ke area yang ia tinggalkan,” Allan menambahkan.

Pada pertandingan di Arena Lviv, Ukraina itu, Ozil memang sering bergerak di sisi lapangan, meski posisi aslinya ada di tengah lapangan. Ia lebih sering bergerak dan menerima bola di kedua sisi sayap lapangan daripada di tengah lapangan, yang dijaga ketat pemain Portugal.

“Lihat saja beberapa peluang yang didapat Jerman di babak pertama. Itu terjadi berkat visi luar biasa Ozil dan pergerakannya yang aktif,” kata Allan lagi.

Ozil sendiri memilih merendah, menanggapi pujian dan gelar pemain terbaik yang ia perleh di pertandingan melawan Portugal tersebut. “Yang penting adalah tim bisa bermain baik dan menang. sebagai satu kesatuan di tim, saya memang harus memberikan yang terbaik, dan saya senang bisa melakukannya,” kata Ozil.

Berdasar statistik yang dirilis Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), dalam pertandingan melawan Portugal, Ozil yang bermain selama 87 menit, bergerak aktif dan menjelajah 10.371 meter area permainan dan mencatat 80 passing.

“Saya tidak melakukan yang terbaik. saya tahu saya bisa lebih baik lagi. saya senang dengan penghargaan ini (pemain terbaik), tapi yang penting Jerman menang,” kata Ozil.

-berbagai sumber-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s