Angela Merkel, ‘Maskot’ Keberuntungan Jerman

Angela Merkel di tengah-tengah pemain tim nasional Jerman

Bagi penggemar Jerman, kemenangan telak atas Yunani sepertinya sudah bisa diduga sejak Rabu lalu, 20 Juni 2012. Pasalnya, hari itu Kanselir Jerman, Angela Merkel memutuskan akan hadir di PGE Arena, Gdansk, Polandia untuk menyaksikan laga Jerman-Yunani. Perempuan 57 tahun itu memang diyakini sebagai ‘maskot keberuntungan’ timnas Jerman. Setiap kali ia hadir di stadion untuk menonton Der Panser (julukan Jerman), maka anak asuh Joachim Low pun akan bermain kesetanan.

“Ia (Angela Merkel) sepertinya memang membawa keberuntungan bagi kami,” kata pemain tengah Jerman, Sami Khedira, mengomentari Merkel yang disebut sebagai ‘maskot keberuntungan’ Jerman.

Khedira boleh jadi tidak asal cuap. Kehadiran Merkel di stadion untuk mendukung Jerman memang sering berujung kemenangan meyakinkan bagi Die Manschaft (julukan lain Jerman). Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Merkel turut hadir saat Jerman mengalahkan Inggris 4-1. Kemudian ia juga hadir pada pertandingan Jerman-Argentina yang juga berujung kemenangan telak 4-0. Entah kebetulan atau tidak, saat Merkel absen menonton langsung di semi-final Piala Dunia, Jerman pun takluk dari Spanyol 0-1.

Perempuan kelahiran Hamburg tersebut memang dikenal sebagai pendukung fanatik tim sepak bola Jerman. Beberapa kali ia tertangkap kamera menonton di stadion sambil mengenakan syal Jerman. Sekali waktu pula ia datang ke stadion dengan mengenakan jersey timnas Jerman dengan nama Mesut Ozil.Tidak hanya hadir di lapangan untuk menonton Mesut Ozil Cs, Merkel juga kerap kali datang ke ruang ganti pemain, atau mengundang para pemain timnas Jerman ke kantornya untuk sekedar santap malam.

“Ia (Merkel) telah menjadi kekuatan dukungan yang luar biasa bagi tim,” ujar pemain tengah Bastian Schweinsteiger, menanggapi sosok Merkel bagi timnas Jerman.

Schweinsteiger sendiri memang memiliki kesan mendalam terhadap kanselir perempuan pertama Jerman tersebut. Saat Piala DUnia 2010, Merkel sempat memberi saran kepada gelandang Bayern Munchen itu. Schweini (panggilan Schweinsteiger) bahkan menyebutnya sebagai saran yang berpengaruh terhadap tim. “Selalu menyenangkan bisa mendapat dukungan dari pemimpin negara,” ujar Schweinsteiger lagi, tanpa merinci saran yang dikatakan Merkel kepadanya.

Merkel dan beberapa pejabat negara Eropa lain sebelumnya sempat mengatakan tidak akan menghadiri Piala Eropa yang berlangsung di Ukraina. Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes kepada pemerintah Ukraina yang menahan mantan Perdana Menteri, Yulia Tymoschenko. Merkel kemudian akhirnya hadir mendukung Jerman, setelah mereka memiliki kesempatan bermain di Polandia. PAda babak grup lalu, semua pertandingan Jerman berlangsung di Ukraina, sehingga Merkel memutuskan tidak hadir. Maka menarik ditunggu, apakah Merkel tetap berkeras tidak akan hadir jika Jerman nanti sampai di final yang akan berlangsung di Kyiv, Ukraina?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s