Wawancara dengan Edwin van der Sar

Edwin van der sar saat masih di Manchester United

Saya berkesempatan mewawancarai mantan penjaga gawang tim nasional Belanda beberapa waktu lalu. Di tengah-tengah jadwal acara padat selama di Jakarta. Ini hasil wawancara saya, tanpa editan:

Apa kabar Edwin. Anda terlihat lelah.

Ya. Saya banyak agenda di sini sejak datang pada Sabtu pagi lalu.

Kalau tidak salah, ini kunjungan kedua Anda ke Indonesia. Betul?

Betul. Saya ke Bali empat tahun lalu bersama keluarga untuk liburan. Tapi saat itu tidak ada ekspos media. Kami benar-benar liburan

Apa yang Anda suka dari Indonesia?

Kunjungan kali ini adalah urusan pekerjaan, jadi saya tidak bisa berkunjung ke banyak tempat. Tapi secara umum saya suka budaya Indonesia dan makanannya. Kemarin saya juga sempat makan malam di lantai paling atas di menara BCA. Pemandangan bagus.

Tahun 2009 anda dan MU gagal ke sini. Bagaimana tanggapan Anda?

Saya masih ingat kejadian itu, karena saat itu kami tengah berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Keesokan harinya, seharusnya kami datang ke Jakarta untuk bertanding, tapi gagal karena ancaman bom. Saat itu kami merasa tidak cukup aman, jadi kami memutuskan untuk tinggal lebih lama di Kuala Lumpur.

Semua pemain sedih, karena mereka tahu ada banyak fans Manchester United di Jakarta. Semua tiket untuk pertandingan itu juga telah terjual habis. Jadi itu bukan momen bagus, karena kami tidak jadi datang karena kami merasa tidak cukup aman saat itu. Mudah-mudahan di masa depan, MU bisa datang ke Indonesia untuk menghibur fans.

Apa yang Anda tahu tentang sepak bola Indonesia?

Beberapa sudah cerita kepada saya tentang situasi sepak bola Indonesia akhir-akhir ini. Beberapa hal tidak yang berjalan bagus seperti beberapa pemain yang tidak dibayarkan gajinya. Juga soal adu argumen di federasi.

Saya juga tahu ada beberapa pemain Belanda yang keturunan Indonesia yang berasal dari Ambon. Sekarang mereka telah tinggal di Belanda. Ada yang memang bermain sepak bola, tapi ada juga yang bekerja di bidang lain di sana. Saya rasa, hubungan Belanda-Indonesia memang sudah ada sejak dulu. Tidak bahagia memang. Tapi sampai saat ini ada beberapa hal di Belanda yang memang masih dipengaruhi oleh Indonesia. Banyak restoran Indonesia di sana. Dua atau tiga bulan sekali, saya suka makan di sana.

Apakah Anda dengar kabar bahwa timnas Indonesia kalah 0-10 dari Bahrain saat Kualifikasi Piala Dunia 2014 awal tahun ini?

(Kalah) Berapa banyak? 0-10? Itu banyak (lalu tertawa).

Beralih soal timnas Belanda. Semalam Belanda kalah oleh Portugal dan tidak lolos dari grup. Bagaimana tanggapan Anda?

Sangat mengecewakan. Kerjasama antar lini tidak berjalan baik. Lini belakang, lini tengah dan lini depan tidak bekerja secara bersama-sama. Kami juga terlalu banyak memberi peluang kepada lawan.

Saya kecewa melihat mereka main. Semalam anda lihat, sebenarnya kami memulai pertandingan dengan baik, tapi kemudian membiarkan Portugal mencetak gol. Tapi di satu sisi, Portugal memang lebih baik. Ronaldo juga bermain bagus dan mencetak gol kedua saat menjelang akhir pertandingan. Itu mempersulit kami, karena akan sangat sulit untuk mencetak dua gol balasan saat waktu yang mepet.

Menurut Anda, apakah Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) harus mengganti Bert van Marwijk?

Bisa saja. Tapi 2 tahun lalu dia adalah pelatih terbaik di dunia. Hampir membawa Belanda juara dunia. Tapi dalam turnamen ini kami memang tergabung di grup keras. Ada Jerman, Portugal dan Denmark. Memecat pelatih tidak selalu jadi solusi saat Anda kalah dalam suatu pertandingan. Anda juga harus melihat para pemainnya.

Lalu, apa bisa dibilang skuad Belanda tahun ini adalah tim yang lemah?

Tidak. Anda tidak bisa berkata seperti itu. Mereka pemain yang bagus. Pemain sepak bola memang tidak selalu bermain bagus. Anda bisa saja berbuat kesalahan, misalnya tidak bertahan dengan baik. Atau kadang Anda bisa juga membuang peluang yang bagus.

Atau para pemain timnas Belanda kehilangan gairah untuk memenangkan sesuatu tahun ini?

Bisa jadi. Memang kondisi yang cukup sulit karena di klub Anda bermain setiap pekan. Sedangkan di timnas, Anda hanya akan bermain dalam turnamen besar mungkin sekali dalam dua tahun. Tapi saya meragukan itu (pemain kehilangan motivasi). Dua tahun lalu kami bisa sampai final di Piala Dunia.

Robben dan Sneijder juga disebut tidak akur. Apa benar?

Saya tidak tahu. Saya sudah lama tidak bermain di timnas. Tapi menurut pendapat saya, setiap tim yang ada di Piala Eropa pasti memiliki pemain yang tersebar di banyak klub. Mereka datang dari latar belakang berbeda lalu berkumpul di tim nasional. Mereka semua ingin melakukan yang terbaik bagi timnasnya. Saya rasa di timnas kami juga begitu

Apa yang Anda lakukan sekarang setelah pensiun? Anda berniat menjadi pelatih?

Belum tahu (menjadi pelatih). Tapi saya sudah mulai belajar manajemen olahraga di suatu universitas di Amsterdam. Saya juga aktif di Van Der Sar Foundation dan kegiatan sosial lainnya. Saya juga pernah ikut marathon. Pokoknya banyak hanl baru yang saya lakukan sekarang setelah pensiun bermain sepak bola.

Baik, sekarang tentang Manchester United. David De Gea menjadi pengganti Anda setelah pensiun. Tapi ia masih tidak stabil dalam beberapa pertandingan. Bagaimana tanggapan Anda?

Saya pikir ia cukup baik, khususnya pada dua sampai tiga bulan di akhir musim,. Ia bermain bagus saat itu. Ia juga masih muda dan berasal dari negara yang berbeda. Beda bahasa tapi langsung bermain di level atas. Mudah-mudahan musim depan ia bisa lebih baik.

Sir Alex Ferguson pernah mengatakan bahwa ia akan pensiun dalam beberapa musim ke depan. Siapa menurut Anda pengganti yang cocok? Apa mungkin Jose Mourinhho atau Josep Guardiola?

Dua nama itu (Mourinho dan Guardiola) memang banyak disorot saat ini karena mereka berprestasi. Mourinho seorang pelatih yang bagus dan berbeda dengan Guardiola. Tapi mungkin akan lebih baik jika diganti pelatih asli Inggris.

Bagaiman menurut Anda tentang masalah Rio Ferdinand? Ia tidak dibawa ke Piala Eropa oleh Roy Hodgson. Ada tanggapan?

Itu pasti mengecewakan untuk Rio setelah ia melalui musim yang bagus di Manchester United sebelum cedera. Rio juga pribadi yang menyenangkan. Saya beberapa kali kontak dengannya dan ia (mengatakan) cukup kecewa.

Pertanyaan terakhir. Sepak bola Belanda saat ini tengah disorot karena diduga ada suap. Anda pernah mendengar itu?

Saya tidak tahu. Mudah-mudahan saja tidak benar.

***

edwin van der sar

Buat yang belum tahu siapa Edwin van der Sar, sila buka tautan berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Edwin_van_der_Sar


One thought on “Wawancara dengan Edwin van der Sar

  1. Benar-2 wawancara yg fantastis. pertanyaannya tajam dan aktual. Bung Arie memang wartawan berbakat dan punya keinginan menggali yang sangat besar. mari membangub sepak bola Tanah Air dengan kontribusi dari semua pihak.! Hidup Garuda!

Leave a Reply

