Jerman, Gerah Akibat Mata-mata

Joachim Low

Mata-mata seperti menjadi momok bagi tim peserta Piala Eropa 2012. Setelah sebelumnya Inggris dibuat murka akibat tindakan ‘James Bond’ Swedia bernama Ola Bilger yang membocorkan formasi dan strategi tim ‘Tiga Singa’ (julukan timnas Inggris) menjelang laga melawan Swedia, kali ini peristiwa yang mirip menimpa timnas Jerman.

Sedikit perbedaan, jika Inggris bobol soal formasi dan strategi yang cukup detail menjelang lawan Swedia, Jerman apes karena ‘hanya’ menderita kebocoran tentang susunan pemain yang keluar lebih cepat beberapa jam dari semestinya. Normalnya, susunan pemain hanya dirilis beberapa saat sebelum kick-off pertandingan. Peristiwa itu dialami ‘Der Panser’ (julukan Jerman) menjelang melawan Yunani di perempatfinal.

Meski tidak merubah hasil akhir dan Jerman tetap menang 4-2 atas juara Eropa 2004 tersebut, namun pelatih Joachim Low dikabarkan marah besar. “Pelatih telah berbicara kepada kami (tentang kebocoran susunan pemain lebih cepat), dan tentu saja ia tidak senang. Saya yakin itu orang di luar tim,” ujar pemain muda, Andre Schurrle, mengomentari keadaan tim setelah kebocoran informasi.

“Saya menyesalkan peristiwa itu. Saya tidak bisa membayangkan jika itu (kebocoran informasi) menimpa semua tim di turnamen,” kata pemain Bayer Leverkusen itu lagi.

Low memang membuat kejutan pada pertandingan melawan Yunani dengan mencadangkan beberapa pilar, seperti Mario Gomes, Lukas Podolski serta Thomas Muller dan memasang Miroslav Klose, Andre Scrulle serta Marco Reus. Bocornya perubahan susunan pemain itulah yang kemudian membuat Low mencak-mencak.

Menurut mantan asisten Jurgen Klinsmann itu, bocornya susunan pemain lebih cepat sempat menghebohkan para pemain, karena mereka mencari tahu siapa orang yang membocorkan informasi tersebut. “Itu tidak bagus, karena akan membuat pemain menjadi sibuk mencari tahu. Ada yang mengontak rekannya atau agen mereka, menanyakanan darimana kabar tersebut berasal. Ada kekecewaan karena tahu lebih cepat, bukan dari saya,” ujar Low.

“Saya tidak tahu pasti darimana kebocoran itu berasal. Tapi saya bisa memastikan kebocoran itu tidak berasal dari pemain,” kata Low lagi.

Low berharap pertistiwa serupa tidak terulang saat menjelang laga semi-final melawan Italia di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, Jumat mendatang. “Itu (susunan pemain) seharusnya menjadi rahasia setiap tim. Para pemain sekarang sudah melupakannya. Sudah tidak menjadi masalah. Kami sudah fokus untuk semi-final,” Low menambahkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s