Wawancara dengan Marouane Fellaini

fellani-belgia

Gaya rambutnya mengingatkan saya kepada mantan pesepakbola Kolombia: Carlos Valderrama. Keriting dan mengembang. Dengan gaya rambut seperti itu, ia terlihat sebagai sosok menyeramkan di lapangan. Namun, ketika bertatap muka langsung, pemain keturunan Maroko itu justru memunculkan kesan berbeda.

Ia sangat ramah dan rajin tersenyum. Permintaan foto serta tanda tangan para penggemar ditanggapinya dengan baik.

Saya sempat mewawancari pemain bertinggi 194 cm tersebut seusai konferensi pers Java Cup 2012 di Hotel Intercontinental Mid Plaza, Jakarta, Rabu, 27 Juni 2012. Ia tampil rapi dengan setelan jas berwarna hitam.

Anting berwarna perak di kuping kirinya menyembul di antara rambut yang lebat. Berikut kutipan wawancara ringan saya dengan pemain kelahiran Etterbeek, Belgia tersebut:

Apa kabar Fellani? Ini kunjungan Anda pertama ke Indonesia?
Kabar baik. Betul, ini kunjungan saya pertama ke Indonesia dan saya sangat senang sejauh ini.

Apa yang Anda suka dari Indonesia?
Saya suka budayanya, makanannya juga. Cuacanya juga menyenangkan. Secara umum, menyenangkan berada di sini. Mungkin suatu saat saya akan kembali.

Dalam sambutan tadi, Anda sempat memulai dengan ‘Assalamualaikum’. Anda seorang muslim?
Ya, saya seorang muslim. Orang tua saya berasal dari Maroko. Indonesia juga negara dengan penduduk muslim yang besar di dunia bukan? itu yang juga membuat saya senang di sini, karena saya juga seorang muslim.

Soal Islam di Indonesia, apa yang Anda tahu?
Kalau tidak salah, di sini ada mesjid yang cukup besar (merujuk pada Istiqlal). Mungkin saya akan kesana (Istiqlal). Di sini cukup banyak mesjid. Di depan hotel saya juga ada mesjid (tapi Fellani tidak menyebut nama hotel tempat ia tinggal.

Beralih soal sepak bola Indonesia. APa yang Anda tahu?
Jujur saya tidak tahu banyak. Tapi saya senang dengan kunjungan ke sini, sehingga saya memiliki kesempatan untuk mencari tahu. Saya ingin datang lagi. Mudah-mudahan dengan kerjasama yang ada sekarang, kami bisa membantu perkembangan sepakbola Indonesia.

Menurut Anda, apa arti kunjungan ke Indonesia bagi Everton?
Pertandingan nanti penting bagi kami, sebagai persipan tim di Liga Inggris musim depan. Pertandingan melawan timnas Indonesia dan Malaysia juga menarik. Saya senang bisa main melawan mereka (Indonesia dan Malaysia).

Pertanyaan terakhir Fellani, siapa jagoan Anda di Piala Eropa tahun ini?

Saya menjagokan Spanyol dan Jerman di final. Mereka tim terbaik sejauh ini (tersenyum).

***

Buat yang belum tahu, sila buka tautan berikut untuk profil dan biodata Marouane Fellaini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Marouane_Fellaini

Wawancara juga ada di sini:

http://www.tempo.co/read/news/2012/06/27/099413373/Wawancara-Khusus-Marouane-Fellaini

Leave a Reply

