Era Baru PSG Bersama Lavezzi

Ezquiel Lavezzi dengan seragam PSG (foto: article.wn.com)

Penyerang asal Argentina, Ezequiel Lavezzi akhirnya resmi bergabung dengan klub ‘kaya baru’ asal Prancis, Paris Saint Germain (PSG). Lavezzi ditransfer dengan biaya sebesar 30 juta Euro (Rp 355 miliar). Harga pemuda Argentina itu meningkat lima kali lipat dari saat pertama kali datang ke Napoli dari San Lorenzo, dengan transfer yang hanya sebesar 6 juta Euro.

Lavezzi sampai di Paris pada Ahad lalu, melakukan tes kesehatan keesokan harinya, kemudian menandatangani kontrak untuk durasi empat tahun. Eks San Lorenzo itu pun menjadi rekrutan pertama pesepakbola berlabel bintang oleh tim Carlo Ancelotti musim ini. Ia mendapat jersey bernomor punggung 11 peninggalan pemain Turki, Mevlut Erdinc.

“Hal yang meyakinkan saya datang ke PSG adalah target klub dan kemauan untuk berkembang. Orang-orang selalu mengaitkan dengan uang ketika berbicara mengenai klub seperti PSG. Tapi saya melihat di luar itu, dari sisi olahraga,” ujar Lavezzi, seusai penandatanganan kontrak.

Kepindahannya ke PSG, menurut Lavezzi, memang tidak lepas dari peran Javier Pastore. Pasalnya, kompatriotnya di tim nasional Argentina itu sering bercerita tentang suasana tim PSG dan kota Paris yang indah. Pastore sendiri telah bergabung ke PSG sejak musim lalu.

“Ketika sama-sama di timnas, Pastore banyak bercerita kepada saya tentang klub dan kota Paris ketika sama-sama bermain di timnas Argentina. Saya tertarik karena PSG adalah klub yang terus berkembang dan Paris adalah salah satu kota di mana semua orang ingin tinggal di sini,” Lavezzi menambahkan.

Lavezzi pun optimis bisa cepat berdaptasi dalam tim yang didirikan pada 1970 tersebut. “PSG adalah klub bagus dan akan bermain di Liga Champions Eropa musim depan. Saya optimis akan mencapai prestasi bagus di sini dan menjalin hubungan baik dengan semua tim serta fans, seperti yang sudah saya lakukan di Napoli,” kata Lavezzi.

Lima tahun memperkuat Napoli, Lavezzi memang menjadi salah satu andalan klub biru langit (julukan Napoli). Ia bermain dalam 156 pertandingan, mencetak 38 gol serta mempersembahkan dua gelar: Piala Italia 2011/ 2012 dan Piala Intertoto 2008. saking besarnya peran Lavezzi di Napoli, fans bahkan menjuluki trio Lavezzi-Edinson Cavani-Marek Hamsik sebagai ‘Three Tenor’.

PSG musim 2012/ 2013 (foto: football fashion)

Era Baru PSG

Sejak Qatar Investment Authority (QIA) menjadi pemegang saham mayoritas, sebesar 70 persen pada 2011, PSG perlahan kembali memulai mimpi menjadi salah satu klub besar Prancis dan Eropa. Pada musim pertama berkuasa, PSG dengan sokongan dana dari QIA mengontrak beberapa pemain dengan nama besar. Selain mendatangkan Pastore dari Palermo dengan harga 43 juta euro dari Palermo, mereka juga memboyong Maxwell dari Barcelona, Alex dari Chelsea, Salvatore Sirigu dari Palermo, dan Thiago Motta dari Inter Milan.

“PSG adalah klub hebat. Di sini pernah bermain beberapa pemain hebar Brasil, mulai dari Leonardo sampai Ronaldinho. Saya sudah bermimpi bisa bermain di klub ini sejak kecil. Saya percaya akan meraih banyak hal di sini karena kami memiliki banyak pemain hebat,” ujar Thiago Motta.

Berdasar data yang dirilis tranfer market, PSG memang tercatat sebagai klub dengan nilai keseluruhan pemain termahal dibanding peserta Ligue 1 lainnya, yaitu sekitar 200 juta Euro. Nilai keseluruhan pemain klub bercorak biru-merah itu hampir dua kali lipatnya Lyon yang ada di peringkat kedua, dan berkali-kali di atas Bastia, klub dengan nilai terkecil di Ligue 1, yang hanya memiliki nilai total pasaran sebesar 12,5 juta Euro. Nilai total para pemain PSG itu pun bahkan masih jauh lebih besar dari juara musim lalu, Montpellier yang hanya sebesar 72,5 juta Euro.

Meski telah berhasil mendatangkan Lavezzi, aksi PSG di pasar pemain sepertinya belum akan berakhir. Setelah nyaris mendatangkan pemain belakang AC Milan, Thiago Silva, sang Direktur Teknik PSG, Leonardo masih terus berburu pemain bintang. Bintang muda AC Milan, Alexandre Pato beberapa kali dikaitkan dengan PSG, meski kesepakatan resmi belum tercapai sampai sekarang.

Selain itu, mereka juga sempat menggoda Luka Modric dari Totenham Hotspurs, Salomon Kalou dan Florent Malouda dari Chelsea, Alex Song dari Arsenal, Luis Suarez dari Liverpool dan penyerang Manchester United, Wayne Rooney.

Penegasan belum akan berakhirnya manuver transfer PSG juga ditegaskan sang pelatih, Carlo Ancelotti.

“Lavezzi adalah pemain yang bagus dan cocok dengan kocek kami. Kami masih membutuhkan tiga atau empat pemain bagus dan kuat untuk Liga Champions musim depan, karena kami punya proyek besar yang harus dikejar di masa depan,” ujar Don Carletto.

***

Buat yang belum tahu soal PSG, sila buka tautan berikut: http://en.wikipedia.org/wiki/Paris_Saint-Germain_F.C.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s