Setelah Palu Vonis Diketok

Persija LPI atau Jakarta FC latihan di Halim Perdanakusuma
Persija LPI atau Jakarta FC latihan di Halim Perdanakusuma

Masih mengenakan sarung dan baju koko berwarna biru langit, Dodi Supriono menyambut saya yang datang tepat seusai salat Jumat, di mes klub Persija Liga Prima Indonesia, di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Memperkenalkan diri sebagai salah seorang ofisial Persija, ia adalah satu dari dua orang yang berada di mes pada siang itu. Seorang lagi, pria yang berwajah lebih muda dan berusia belasan tahun, pergi meninggalkan mes tanpa sempat memperkenalkan diri.

“Cuma saya yang tinggal di sini sekarang. Kalau para pemain masih libur,” kata Dodi, menceritakan penyebab sepinya mes.

Kecuali kamar 106 yang ditempati Dodi, pintu 15 kamar lain yang ada di bangunan dua lantai berwarna cokelat muda itu memang tertutup rapat. Tidak ada suara televisi, lantunan musik, atau percakapan yang terdengar dari dalam kamar. Sangat sepi: yang bahkan membuat suara kokok ayam dari kejauhan atau gemerisik dedaunan yang tertiup angin terasa begitu dominan.

Rak sepatu yang ada di depan setiap kamar pun kosong-melompong. Padahal biasanya rak tersebut dipenuhi sepatu sepak bola beragam jenis.

“Mereka (para pemain) baru akan kembali pada Senin pekan depan,” kata Dodi.

Tapi, pria berkulit sawo matang itu kemudian memberi catatan. “Saya belum tahu apakah mereka langsung berlatih bersama. Coba saja datang lagi pada Senin nanti. Yang jelas, para pemain memang harus kembali ke mes pada pekan depan karena harus ngantor.”

Ngantor. Begitulah para pemain Persija menyebut aktivitasnya setelah vonis diskualifikasi diketuk Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia beberapa waktu lalu.

Maklum, seluruh pemain Persija LPI adalah anggota Angkatan Udara yang nyambi bermain bola di klub Persatuan Sepak Bola Angkatan Udara alias PSAU.

Hanya segelintir dari mereka yang pernah bermain untuk beberapa klub profesional Tanah Air atau berseragam tim nasional Indonesia, seperti Cornelius Geddy dan Handi Ramdhan.

“Jadi, kalaupun tidak ada jadwal bola, mereka tetap punya kerjaan tetap, yaitu bertugas sebagai tentara,” ujar Dodi lagi.

Persija dicoret dari kompetisi LPI setelah pada putaran pertama lalu melakukan beberapa kali kalah tanpa bertanding atau walk-over (WO). Tim ini dicoret bersama Persibo dan Persema Malang yang melakukan kesalahan sama. Dengan pencoretan tiga tim ini, putaran kedua kompetisi LPI pun hanya diikuti 13 peserta.

Saat ditanya soal perkembangan sanksi diskualifikasi yang dijatuhkan komisi, Dodi hanya menggelengkan kepala. “Atasan yang urus soal itu,” katanya.

Seperti kebiasaan di militer, kata Dodi, para pemain dan ofisial Persija LPI memang hanya menunggu komando atasan.

“Kalau disuruh main, maka kami main,” Dodi menambahkan.

“Saya sendiri sempat dengar atasan bertemu pengurus PSSI. Tapi entahlah. Saya tidak tahu kelanjutannya.”

Tidak berbeda dengan Dodi, Cornelius Geddy mengutarakan hal sama. Dihubungi lewat sambungan telepon, pria berdarah Papua itu tidak bisa memastikan kelanjutan karier sepak bolanya bersama Persija.

Menurut dia, manajemen telah membubarkan tim sampai waktu yang belum ditentukan.

“Belum tahu kapan main lagi karena katanya menunggu hasil banding. Apakah tim benar-benar tidak bisa melanjutkan kompetisi LPI atau ada alternatif dari PSSI,” kata pemain yang mencuat namanya di timnas ketika ditangani pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev, itu.

“Yang pasti, Senin saya ngantor dulu.”

(AF)

—————————————-
*Juga dimuat di Koran Tempo, Sabtu, 21 September 2013.
—————————————–

 

Persija LPI atau Jakarta FC latihan di Halim Perdanakusuma
Advertisements

2 thoughts on “Setelah Palu Vonis Diketok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s